EKONOMI WEB


1. Definisi Periklanan

Periklanan pada dasarnya merupakan salah satu tahap dari pemasaran, yang tiap-tiap tahap itu bagaikan mata rantai yang saling berhubungan dan jaringannya akan terputus jika salah satu mata rantai itu lemah. Periklanan menjadi tahap yang penting yang sama pentingnya dengan tahap-tahap lain dalam proses pemasaran.
Kotler (1997: 236) mengartikan periklanan sebagai berikut: Periklanan adalah segala bentuk penyajian non-personal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembiayaan.
Dalam membuat program periklanan manajer pemasaran harus selalu mulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif pembeli. Kemudian membuat lima keputusan utama dalam pembuatan program periklanan yang disebut lima M ( kotler 1997: 236) Sebagai berikut:
Mission (misi): apakah tujuan periklanan ?
Money (uang): berapa banyak yang dapat di belanjakan ?
Message (pesan): pesan apa yang harus disampaikan ?
Media (media): media apa yang digunakan ?
Measuremen (pengukuran): bagaimana mengevaluasi hasilnya ?

2. Tujuan Periklanan

Tujuan periklanan menurut kotler (1997: 236) sebagai berikut:
a) Periklanan menjalankan sebuah fungsi ”informasi”.
Biasanya dilakukan secara besar-besaran pada tahap awal suatu jenis produk, tujuannya untuk membentuk permintaan pertama.
b) Periklanan menjalankan sebuah fungsi ”Persuasif” Penting dilakukan dalam tahap kompetitif. Tujuannya untuk
membentuk permintaan selektif untuk suatu merk tertentu.
c) Periklanan menjalankan sebuah fungsi ”Pengingat” Iklan pengingat sangat penting bagi produk yang sudah mapan.
Bentuk iklan yang berhubungan dengan iklan ini adalah iklan penguat (Inforcement advertising) yang bertujuan meyakinkan pembeli sekarang bahwa mereka telah melakukan pilihan yang benar.

3. Anggaran Periklanan

Setelah memutuskan tujuan periklanan. Langkah selanjutnya adalah memutuskan anggaran periklanan untuk setiap produk. Kotler (1997:237) menyatakan ada lima faktor yang perlu dipertimbangkan saat menetapkan anggaran periklanan :
a)      Tahap dalam siklus hidup produk .
Produk baru umumnya mendapat anggaran iklan yang besar untuk membangun kesadaran dan membuat pelanggan mencoba prduk tersebut merek yang sudah mapan biasanya didukung anggaran periklanan yang lebih rendah sebagai rasio penjualan.
b) Pangsa pasar dan Basis konsumen
Merek dengan pangsa pasar yang tinggi biasanya membutuhkan lebih sedikit biaya iklan sebagai presentase penjualan untuk mempertahankan pangsanya. Untuk memperbesar pangsa pasar dengan meningkatkan ukuran pasar memerlukan pengeluaran periklanan yang lebih besar.
c) Persaingan dan Gangguan
Pasar dengan banyak pesaing dan pengeluaran iklan yang lebih tinggi suatu merek harus diiklankan besar-besaran agar terdengar di tengah kegaduhan pasar. Bahkan gangguan sederhana dari iklan yang tidak bersaing secara langsung dengan merek tersebut sudah menyebabkan perlunya periklanan yang lebih besar.
d) Frekuensi Periklanan
Jumlah pengulangan yang diperlukan untuk menyampaikan pasar konsumen juga sangat menentukan anggaran periklanan.
e) Kemungkinan Subtitusi Produk
Merk-merk dalam suatu kelas komoditas (misalnya rokok, bir, minuman ringan) memerlukan iklan besar-besaran untuk membangun citra yang berbeda. Periklanan juga penting jika suatu merek dapat memberikan manfaat atau tampilan fisik yang unik.

4. Karakteristik Lingkungan Periklanan

Ø  Kekuatan lingkungan selalu berubah.
Ø  Perubahan lingkungan menciptakan ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan).
Ø  Tanggapan terhadap perubahan lingkungan:
1)      Reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dgn perkembangan yg ada.
2)      Proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dgn mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan yg menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif.

5.  Iklan Terhadap Pengaruh Ekonomi

Ø  Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
Ø  Memberi keuntungan kepada agen iklan.
Ø  Membuka lapangan kerja.
Ø  Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
Ø  Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
Ø  Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
Ø  Periklanan mendatangkan pajak besar bagi daerah.
Ø  Dampak pesan yang ditimbulkan :
Meningkatkan pemasaran produk.
Ø  Iklan mampu memunculkan multiplier effect.
Ø  Iklan tidak hanya menjadi ladang pekerjaan baru yang memberikan keuntungan, tapi juga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dan negara.
Ø  Iklan ikut memberi andil meningkatkan pembelian masyarakat.
Ø  Menghidupkan industri barang dan jasa karena ada peningkatan permintaan.

6.  Penjualan Online

Dari kemajuan teknologi dapat dirasakan manfaat positifnya antara lain:
Ø  Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
Ø  Terjadinya industrialisasi.
Ø  Produktifitas dunia industri semakin meningkat kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.konsumen tidak perlu pergi ke toko.
Ø  Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
Ø  Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi

7.  Perangkat Lunak Pelacakan

Anda mungkin merasa bahwa membaca log server web mentah sangatlah tidak praktis,Anda mungkin merasa bahwa membaca log server web mentah sangatlah tidak praktis, terutama jika log tersebut berisi ratusan atau ribuan entri per hari. Untungnya, ada perangkat lunak yang tersedia untuk melakukan tugas ini dengan mengumpulkan, kemudian menyusun data tersebut ke dalam format yang mudah dibaca. Salah satu contoh dari perangkat lunak tersebut adalah Google Analytics. Google Analytics menggunakan JavaScript untuk mengumpulkan informasi tentang pengguna situs web, menggabungkan data yang terkumpul, dan menyajikannya ke dalam format yang mudah dibaca.
Jika Anda ingin menggunakan perangkat lunak pelacakan pihak ketiga, pilihlah dengan hati-hati, karena dulu kami pernah mengalami kekeliruan data dari beberapa vendor. Umumnya, program pihak ketiga yang paling akurat dalam hal pelacakan klik AdWords adalah program yang mewajibkan pengaktifan pemberian tag otomatis. Namun, perhatikan bahwa tagihan sepenuhnya didasarkan pada metrik Google. Untuk informasi selengkapnya,lihat persyaratan dan ketentuan AdWords.

8.  Pelacakan URL

Pelacakan URL membedakan antara klik yang berasal dari AdWords dan klik yang berasal dari sumber lain seperti hasil penelusuran natural dari Google. Dengan tidak adanya URL pelacakan, log permintaan yang dihasilkan oleh pengguna yang mengeklik iklan AdWords dan mengeklik hasil penelusuran organik di Google.com mungkin terlihat seperti berikut:
213.73.23.193 - - [19/Jul/2011:15:27:55 +0100] "GET /movies.html HTTP/1.1" 200 8404 "www.google.com" "Mozilla/5.0 (Macintosh; Intel Mac OS X 10_6_8) AppleWebKit/534.30 (KHTML, like Gecko) Chrome/12.0.742.122 Safari/534.30"
172.26.136.223 - - [19/Jul/2011:19:21:43 +0100] "GET /movies.html HTTP/1.1" 200 8404 "www.google.com" "Mozilla/5.0 (Macintosh; Intel Mac OS X 10_6_8) AppleWebKit/534.30 (KHTML, like Gecko) Chrome/12.0.742.122 Safari/534.30"
Seperti yang dapat Anda lihat dalam contoh, tidak ada cara untuk membedakan antara klik yang berasal dari Google Penelusuran dan klik yang berasal dari AdWords.
Teknik pelacakan URL tersebut berfungsi dengan menetapkan URL tujuan unik pada laman landas yang digunakan dalam kampanye AdWords suatu situs. Misalnya, di samping laman index.html biasa, harusnya ada salinan laman tersebut dengan konten yang sama, tetapi dengan nama file index_AdWords.html. Pada contoh ini, kampanye AdWords yang mendorong lalu lintas ke laman indeks akan menggunakan URL index_AdWords.htmlsebagai URL tujuan. Setelah menerapkan perubahan ini, entri log yang sesuai akan tampak seperti berikut:
213.73.23.193 - - [19/Jul/2011:15:27:55 +0100] "GET /movies_AdWords.html HTTP/1.1" 200 8404 "www.google.com" "Mozilla/5.0 (Macintosh; Intel Mac OS X 10_6_8) AppleWebKit/534.30 (KHTML, like Gecko) Chrome/12.0.742.122 Safari/534.30"
172.26.136.223 - - [19/Jul/2011:19:21:43 +0100] "GET /movies.html HTTP/1.1" 200 8404 "www.google.com" "Mozilla/5.0 (Macintosh; Intel Mac OS X 10_6_8) AppleWebKit/534.30 (KHTML, like Gecko) Chrome/12.0.742.122 Safari/534.30"
Seperti yang ditunjukkan contoh sederhana ini, pelacakan URL dasar sangat mudah diterapkan. Untuk perincian yang lebih baik lagi, dimungkinkan untuk mengaitkan laman landas unik dengan setiap kata kunci di sebuah kampanye.
Namun, metode pelacakan URL ini tidak 100% akurat karena permintaan untuk laman landas unik ini tidak terlalu sesuai dengan klik pada iklan. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk ketika pengguna: mengeklik iklan dan kemudian mem-bookmark laman landas, melewati laman landas, dan kembali ke laman dengan menekan tombol “kembali” di browser, dst. Metode pelacakan yang lebih akurat adalah Pemberian Tag Otomatis.

9.  Pemberian Tag Otomatis


Pemberian tag otomatis adalah sebuah fitur di Google Analytics dan AdWords. Fitur tersebut berfungsi dengan menambahkan parameter unik secara otomatis ke setiap klik AdWords yang diterima iklan. Parameter ini disebut “GCLID”. Setiap klik akan memiliki GCLID sendiri yang unik. Entri log untuk kampanye yang menggunakan pemberian tag otomatis akan tampak seperti berikut:
172.26.136.223 - - [19/Jul/2011:19:21:43 +0100] "GET /movies.html?gclid=CLzkq4Lcz5ECFQcKGgodwjgiyA HTTP/1.1" 200 8404 "www.google.com" "Mozilla/5.0 (Macintosh; Intel Mac OS X 10_6_8) AppleWebKit/534.30 (KHTML, like Gecko) Chrome/12.0.742.122 Safari/534.30"
String merah adalah parameter GCLID. Jika Anda telah mengaktifkan dan mengonfigurasikan pemberian tag otomatis dengan benar, Anda tahu bahwa hanya entri log yang menyertakan parameter GCLID adalah klik dari AdWords. Meskipun Anda mendapati beberapa entri di log Anda dengan GCLID yang sama, Anda tahu bahwa Anda hanya ditagih untuk satu klik.
Menggunakan pemberian tag otomatis dan Google Analytics memungkinkan Anda untuk melacak kinerja kata kunci secara menyeluruh karena: Anda dapat melihat kata kunci mana yang mengarahkan pengunjung ke situs Anda, asal pengunjung, asal kampanye kata kunci itu, dan biaya klik tersebut. Anda dapat dengan mudah menghitung laba atas investasi (ROI) untuk kampanye tertentu dengan mengaitkan data ini dengan sasaran atau konversi e-niaga. Berdasarkan data tersebut, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat tentang cara mengoptimalkan kampanye iklan Anda.

Sumber:

ANALISIS WEB

A. Pengukuran Web
Di bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengeukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.
Tools-tools pengukur analisis web :
·         SEO (Search Engine Optimization) adalah mengoptimalkan sebuah blog/web dengan memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword agar dibanjiri pengunjung yang datang dari search engine.
·         GTmetrix merupakan sebuah situs dimana kita dapat mengetahui berbagai hal yang membuat blog/web kita lambat dan performa blog/web ketika akses, tersedia secara gratis dengan mengunakan yahoo Yslow dan Google page speed sebagai mesin penganalisa dan menampilkan hasil juga rekomendasi yang harus dilakukan.

Kelebihan dari GTmetrix :
1.      dapat membandingkan beberapa URL secara bersamaan.
2.      dapt menjadwalkan pengecekan web/blog secara otomatis dan dapat menyimpan laporan.
kekurangan dari GTmetrix :
Dalam penggunaan GTmetrix harus menggunakan koneksi internet yang cepat.
·         Keynote Internet Testing Environment (KITE)
·         Alat pengujian dan pengukur berbasis desktop yang digunakan untuk merekam atau mengedittransaksi web dan menganalis kinerja dari aplikasi web. KITE sangat mudah untuk digunakan dan sebagai salah satu alat yang sudah cukup terkenal didunia.
·         CloudStatus
CloudStatus adalah alat pengukur web yang berfungsi menelusuri kinerja utama dari layanan-layanan cloud computing. CloudStatus terdiri dari 5 layanan dasar yang ditawarkan oleh amazon, dan memiliki kemampuan monitoring yang lebih baik.
·         Jiffy
jiffy tersedia secara bebas(open source). Cara kerja jiffy adalah dengan memasukan kode jiffy ke dalam halamanhalaman web yang akan di telusuri. Dengan jiffy kita dapat mengukur page rendering times, melaporkan hasil pengukuran dari web server, aggregate log into database, dan membuat laporan-laporan.
Pembasan berikutnya tentang bagaimana sebuah web perlu dianalisis , yaitu :
1. membantu mengetahui nilai yang akan didapat dari suatu web maupun blog
2. membantu memantau beberapa lama pengunjung yang membuka situs web tersebut
3. membantu mengoptimalkan situs web dalam hal penampilan dan menambah informasi.  

B. Crawlers
proses pengambilan sejumlah besar halaman web dengan cepat kedalam satu tempat penyimpanan lokal dan mengindexnya berdasarkan sejumlah kata kunci. yakni sebuah komponen utama dalam sebuah Search Engine (Mesin Pencari), sebagai Aplikasi Information Retrieval Modern
Cara kerja :
suatu data dikumpulkan oleh web crawler kemudian digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan link situs yang relavan bagi pengguna ketika mereka melakukan pencarian. web crawler menangkap banyak hal yang berbeda ketika mereka memindai situs. Informasi diperoleh dari metatag, konten itu sendiri dan link. untuk mendapatkan ide yang baik dari apa situs adalah tentang. Crawler digunakan sebagai scan situs anda. jika ada bagian-bagian tertentu dari situs yang seharusnya tidak diindeks, mereka harus mencatat dalam file ini. setelah mendapat instruksi crawler dari file ini, akan mulai dengan merangkak halaman situs anda.
Ini kemudian akan melanjutkan ke indeks konten, dan kemudian akhirnya akan mengunjungi link di situs Anda. Jika crawler mengikuti link dan tidak menemukan halaman, maka akan dihapus dari indeks. Informasi yang dikumpulkan dari situs Anda kemudian disimpan dalam database, yang kemudian digunakan oleh mesin pencari.
BEBERAPA CONTOH WEB CRAWLER :
1.Teleport Pro
Salah satu software web crawler untuk keperluan offline browsing. Software ini sudah cukup lama popular, terutama pada saat koneksi internet tidak semudah dan secepat sekarang. Software ini berbayar dan beralamatkan di http://www.tenmax.com.
2.HTTrack
Ditulis dengan menggunakan C, seperti juga Teleport Pro, HTTrack merupakan software yang dapat mendownload konten website menjadi sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang menarik software ini free dan dapat di download pada website resminya di http://www.httrack.com
3.Googlebot
Merupakan web crawler untuk membangun index pencarian yang digunakan oleh search engine Google. Kalau website anda ditemukan orang melalui Google, bisa jadi itu merupakan jasa dari Googlebot. Walau konsekuensinya, sebagian bandwidth anda akan tersita karena proses crawling ini.


4.Yahoo!Slurp
Kalau Googlebot adalah web crawler andalan Google, maka search engine Yahoo mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!.
5.YaCy
Sedikit berbeda dengan web crawler  lainnya di atas, YaCy dibangun atas prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan menggunakan java, dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer (disebut YaCy peers). Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk berbagi index, sehingga tidak memerlukan server central. Contoh search engine yang menggunakan YaCy ialah Sciencenet, untuk pencarian dokumen di bidang sains.

C. Search Engines
adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS

Contoh - Contoh Search Enginess

1. GOOGLE
google muncul pada akhir tahun 1997, dimana google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista , HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos. dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagain perusahaan tabg bergerak dalam bidang layanan pencarian internert. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan didunia.
2. Yahoo
Yahoo raja directori di internet disamping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSma berusaha menurunkan nya diposisi puncak tersebut. akhir-akhir ini telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya mereka pun sudah memliki harga sehingga mudah untuk memasukinya, dengan demikian mendapatkan sebuah daftar pada direktori yahoo memang memiliki nilai yang tinggi.
Perbedaan Search Enginess
1. Yahoo! dan bing : On page keyword merupakan faktor yang paling penting .
2. Google : linklah yang merupakan faktor yang sangat penting. halaman website google seperti wine semakin tua umurnya semakin bagus peringkatnya. Google akan secara otomatis melakukan pencarian dengan logika boolean dengan menggunakan batasan-batasan AND, NOT, PHRASE, dan OR. google tidak mendukung pemotongan, penambahan dan tidak membedakan bentuk huruf besar atau kecil. kelebihan google menggunakan relavansi dan linking, yaity jumlah tertentu halaman-halaman sejenis yang berhubungan dengan halamab yang dicari. Google juga menyediakan file-file berekstensi PDF yang jarang dihasilkan oleh alat-alat pencari lainnya.
3. Yahoo : untuk yahoo tidak mementingkan layaknya seperti google. yahoo tidak menggunakan robot dalam membuat direktori informasi, web ini bergantung pada jumlah website yang didaftakan di direktori mereka. Sekalipun demikian yahoo sangat selektif dalam menerima situs-situs yang didaftarkan. karena yahoo tidak mempunyai jangkauan yang luas, maka web ini menyediakan mesin pencari milik google sebagai pelengkap.
4. google dan Altavista :
   1. Loading altavista lebih lama daripada google.
   2. Tampilan altavista kurang menarik
   3. Altavista lebih sulit dalam pengambilan data dibanding google.

5. Alltheweb : metode pencarian dalam web ini menggunakan logika boolean. kita dapat membatasi pencarian hanya pada judul, teks, nama link, URL, link, bahasa, dan domain. Ranking pencarian didasarkan pada relavansi, analisa link, penempatan teks pada halaman tertentu, danpenggunaan kata kunci.

D. Web Archiving
adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang. Besarnya ukuran Web membuat arsiparis web umumnya menggunakan web crawlers untuk pengumpulan secara otomatis. Organisasi pengarsip web terbesar yang menggunakan ancangan perangkak web ini adalah Internet Archive yang berupaya memelihara arsip dari seluruh Web. Perpustakaan nasional, arsip nasional, dan berbagai konsorsium organisasi lain juga terlibat dalam upaya pengarsipan konten Web yang memiliki nilai penting bagi mereka. Perangkat lunak dan layanan komersial juga tersedia bagi organisasi yang ingin mengarsipkan konten web mereka sendiri untuk berbagai keperluan.



CARA KERJA WEB ARCHIVING

 A. Remote Harvesting

Merupakan cara yang plaing umum dalam web archiving dengan menggunkana teknik web crawlers yang secara otomatis melakukan proses pengumpulan halaman web. Metode yang digunakan web crawler untuk mengakses halaman web  sama semeprti user mengakses halaman web menggunakan wob browser.  Contoh web crawler yang digunakan dalam web archiving seperti :
·         Heritrix
·         HTTrack
·         Wget
B. On-Demand
Ada banyak layanan yang dapat digunakan sebagai sumber archive web "on-demand", menggunakan teknik web crawling. Contohnya seperti
·         Aleph Archives
·         archive.is
·         Archive-It
·         Archivethe.net
·         Compliance WatchDog by SiteQuest Technologies
·         freezePAGE snapshots
·         Hanzo Archives
·         Iterasi
·         Nextpoint
·         Patrina
·         PageFreezer
·         Reed Archives
·         Smarsh Web Archiving
·         The Web Archiving Service
·         webEchoFS
·         WebCite
·         Website-Archive.com


C. Database archiving

Databasa Archiving mengacu pada metode untuk menarsipkan konten database-driven websites.  Hal ini biasanya memerlukan ekstraksi konten database ke standard schema, sering menggunakan XML. Setelah disimpan dalam format standar, konten yang diarsipkan dari beberapa databse dapat tersedia untuk diakses dengan menggunakan single access system. Motode ini digunkanan seprti pada DeepArc dan  Xinq masiing masing dikembangkan oleh Bibliothèque nationale de France dan  National Library of Australia.

D. Transactional archiving

Transactional archiving merupakan event-driven yang mengumpulkan  transaksi  yang berlangsung antara web server dan web browser.  Hal ini terutama digunakan untuk menjamin keaslian dari isi suatu website, pada tanggal tertentu. Hal ini sangatlah penting untuk organisasi atau perusahaan yang perlu mematuhi persyaratan hukum atau peraturan untuk mengungkapkan dan mempertahankan informasi.
Sistem yang digunakan pada transactional archiving biasanya beroperasi dengan memeriksa  setiap permintaan HTTP dan respon dari web server, menyaring setiap aktifitas untuk menghilangkan konten yang duklikat dan secara permanen disimpan sebagai bitstreams. Sebuah sistem transactional archiving membutuhkan instalasi perangkat lunak pada web server, dan karena hal itu maka metode ini tidka dapat mengumpulkan konten dari remote website.

sumber :
http://id.prmob.net/web-mesin-pencari/web-crawler/optimisasi-mesin-pencari-2666047.html
http://catatan-dinz.net/riset-pengembangan/information-retrieval-methods-recall-and-precision-web-crawler/
http://www.bum1.info/2012/03/web-crawler.html
 http://tugasptikkelompok9.blogspot.com/2010/10/perbedaan-beberapa-searh-engine_29.html
http://shellaaputri.blogspot.com/2011/02/tugas-1-perbedaan-antara-google-dan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web
http://januarianto04.blogspot.com/2012/06/tools-yang-bisa-digunakan-dalam.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_archiving
http://archive.org/about/

http://id.wikipedia.org/wiki/WebCit

STRUKTUR WEB



Structure Web
A. Link Structure
Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
•Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
•Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
•Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
•Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs .

Struktur Situs Web :
•Struktur Linear
•Struktur Grid
•Struktur Hierarki

Struktur Linear :
•Struktur linear murni
•Struktur linear dengan halaman tambahan
•Struktur linear dengan halaman pilihan
•Struktur linear dengan halaman alternative

B. Small – World Network
Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan, yaitu:

Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik small world network.


Social Network Sites
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

Blogosphere
Sejarah :
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakuisisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Jenis-jenis Blog :
•Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
•Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman. 
•Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. 
•Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
•Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). 
•Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling dan masih banyak lagi.


Sumber :
http://ardi-januardi.blogspot.com/2013/07/web-content-struktur-web-dan-analisis.html