NAMA
: Irwansyah Putra Manurung
KLS : 4IA03
NPM : 53412829
Tugas
Softskill Pengantar Bisnis Informatika
1. PENGERTIAN BISNIS DAN NARASUMBER
·
Pengertian
Bisnis menurut Hooper
bahwa bisnis adalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada
pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar,
processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi,
perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan
memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara
menyeluruh.
·
Pengertian
bisnis menurut Urwick dan hunt
bahwa bisnis adalah segala perusahaan yang membuat,
mendistribusikan, ataupun menyediakan segala barang ataupun jasa yang
dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu untuk
membeli atau membayarnya.
·
Pengertian
bisnis menurut Prof.Owen
bahwa bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan
produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun
memberikan harga pada setiap jasanya.
·
Pengertian
bisnis menurut Prof.L.R.Dicksee
bahwa bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya
bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang
berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.
Menurut Mc Naughton, pengertian bisnis adalah
pertukaran barang-barang, uang ataupun jasa untuk keuntungan mutual.
Menurut William Spregal, pengertian bisnis adalah
segala aktivitas yang berkaitan dengan produksi dan penjualan barang-barang
ataupun jasa dapat diklasifikasikan dalam aktivitas-aktivitas bisnis.
·
Pengertian
bisnis
berdasarkan ilmu ekonomi adalah suatu organisasi yang menjual
barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan
laba.
(pengertian bisnis) Kata bisnis diambil dari kata bahasa
Inggris yaitu busy yang dapat diartikan sebagai sibuk. Kata busy sendiri pada
bahasa inggris lama yaitu bisignis yang berarti keadaan dimana seseorang sedang
sibuk "state of being busy". Konsep bisnis tersebut tidak membatasi
pendapat yang ada bahwa konsep bisnis berlaku untuk individu, komunitas ataupun
masyarakat.
·
(Pengertian bisnis)
Semua anggota dalam
bisnis seharusnya sibuk mengerjakan segala kegiatan dan pekerjaan untuk
mendapatkan profit.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau
sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata
"bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya —
penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan
yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau
keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar
tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling
luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia
barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat
masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
·
Pengertian
Bisnis menurut Businessdictionary
adalah sebuah organisasi atau sistem ekonomi dimana barang dan
jasa dipertukarkan menjadi bentuk lain atau dalam bentuk uang. Setiap bisnis
membutuhkan investasi dan pelanggan yang cukup untuk menjual keluarannya pada
kuantitas tertentu untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis dapat dimiliki secara
pribadi, bukan untuk keuntungan pribadi. Sebagai contoh, perusaan bisnis
seperti Pepsico, dan contoh untuk bisnis kepemilikan sendiri adalah warung yang
ada dijalanan "An organization or economic system where goods and services
are exchanged for one another or for money.Every business requires some form of
investment and enough customers to whom its output can be sold on a consistent
basis in order to make a profit.Businesses can be privately owned,
not-for-profit or state-owned".
·
Pengertian
bisnis menurut investopedia.com
bahwa bisnis adalah organisasi atau perusahaan "an
organization or enterprising entity" yang berkelut dalam bidang komersial
"engaged in commercial", industri atau kegiatan profesional. Sebuah
bisnis akan menghasilkan keuntungan dalam jumlah tertentu, seperti pada
perusahaan tbk, atau pa
da
organisasi non profit yang ikut dalam aktivitas bisnis.
Pengertian bisnis menurut investopedia yang lain adalah segala
sesuatu yang mengkomersialkan apapun, baik itu industri atau profesional yang
dimiliki oleh perorang ataupun sebuah kelompok.
Selain itu bisnis dapat didefinisikan sebagai sebuah referensi
spesifik terhadap suatu daerah atau jenis aktivitas ekonomi sesuatu.
·
Pengertian
bisnis menurut Merriam webster
adalah suatu aktivitas pembuatan, pembelian atau penjualan
barang dan jasa yang kemudian dipertukarkan dengan uang; kerja atau aktivitas
yang merupakan bagian dari pekerjaan; Jumlah aktivitas yang telah diselesaikan
oleh sebuah toko, perusahaan, pabrik dan lain lain.
2.
FUNGSI
BISNIS MIKRO DAN MAKRO
·
Fungsi
Bisnis
Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai
(kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau
diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.Nilai
kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat
memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.
Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai
suatu produk atau jasa dengan cara :
-Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak
lain dari fungsi produksi
-Memindahkan tempat produk itu (place utility),
atau fungsi distribusi
-Mengubah kepemilikan (possessive utility),
yaitu fungsi penjualan
-Menunda waktu kegunaan (time utility), atau
fungsi pemasaran
Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama
bisnis, yaitu :
-Acquiring raw material (Mencari bahan mentah)
-Manufacturing raw materials into product
(Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi)
-Distributing product to consumers (Menyalurkan
barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen)
·
Mikro dan Makro Bisnis
Dalam bisnis juga terdapat Mikro dan
Makro ekonomi. Makro ekonomi dan Mikro ekonomi adalah dua cabang utama ekonomi.
Mikroekonomi adalah cabang yang berfokus pada bagaimana individu, rumah tangga,
dan organisasi membuat keputusan mereka untuk mendistribusikan sumber daya yang
terbatas, biasanya di pasar yang melihat perdagangan barang atau jasa. Ekonomi
mikro mempelajari bagaimana keputusan-keputusan ini mempengaruhi umum pasokan
dan permintaan untuk komoditas dan jasa. Seperti kita ketahui, pasokan adalah
salah faktor yang menentukan harga, yang pada gilirannya, menentukan penawaran
dan permintaan barang dan jasa. Mikro ekonomi biasa juga disebut sebagai
pandangan "bottom-up economy" (bawah ke atas), atau bagaimana orang
berurusan dengan uang, waktu, dan sumber daya yang tersedia.
Mikro ekonomi berfokus pada pasokan dan
permintaan dan kekuatan lain yang menentukan tingkat harga yang terlihat dalam
perekonomian. Sebagai contoh, mikroekonomi akan melihat bagaimana sebuah
perusahaan tertentu bisa memaksimalkan produksi itu dan kapasitas sehingga
dapat menurunkan harga dan lebih mampu bersaing dalam industrinya.
Sedangkan Makroekonomi adalah cabang yang
mempelajari "jumlah total kegiatan ekonomi, berhubungan dengan masalah
pertumbuhan, inflasi, pengangguran, kebijakan nasional ekonomi yang berasal
dari inisiatif pemerintah (misalnya perubahan tingkat pajak, dll). Sebagai
contoh, makroekonomi akan melihat bagaimana peningkatan / penurunan ekspor bersih
akan mempengaruhi jumlah devisa suatu bangsa atau bagaimana GDP akan
dipengaruhi oleh tingkat pengangguran.
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan
mikroekonomi dan makroekonomi.
Ø Fungsi Mikro bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang berperan
langsung, seperti :
- Pekerja / KaryawanPekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerjayang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
- Dewan KomisarisMemantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.
·
Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung
jawab tertentu terhadap perusahaan.Pemegang saham memiliki kepentingan dan
tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.
Ø
Fungsi Makro Bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara
tidak langsung.
- Masyarakat sekitar perusahaanMemberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
- Bangsa dan NegaraTanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.
ruang lingkup yang dianalisis dalam
ekonomi mikro adalah:
- Interaksi di pasar barang
(permintaan dan penawaran).
- Tingkah laku penjual dan
pembeli
- Interaksi di pasar faktor-faktor
produksi
ruang lingkup yang dipelajari dalam ilmu ekonomi makro meliputi:
- Penghitungan pendapatan
nasional.
- Keseimbangan pendapatan
nasional dalam perekonomian dua sektor
- Keseimbangan pendapatan
nasional dalam perekonomian tiga sektor.
- Kebijakan fiskal dan sistem
perpajakan.
- Uang, Bank dan penciptaan uang.
3. PERKEMBANGAN BISNIS
Ø
Perkembangan bisnis
yang sangat pesat, menimbulkan persaingan pasar yang cukup ketat. Setiap
harinya muncul pelaku bisnis yang mengenalkan produknya dengan kreativitas dan inovasi
baru, sehingga persaingan pasar pun tidak bisa dihindarkan lagi. Jika para
pelaku usaha tidak berusaha menjadi
diri yang kreatif dan inovatif, usahanya hanya akan tergerus persaingan pasar. Kreatif dan
inovatif dalam menjalankan bisnis , menjadi salah satu kunci sukses sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar.
4. ASPEK - ASPEK BISNIS
1.Aspek
Pasar
Membaca
pasar secara akurat merupakan langkah yang sangat penting sebelum memulai
usaha. Produk pesaing yang banyak bukan alasan kita untuk mengurungkan niat
memulai usaha. Justru sebaliknya dengan banyak nya pesaing memperlihatkan bahwa
pasar yang kita masuki sangat terbuka. Sebaliknya kalau jumlah pesaing sedikit
atau tidak ada, jangan lantas kita terjun ke ceruk pasar tersebut,
jangan-jangan memang tidak ada pangsa pasarnya. Bila kita memasuki pasar yang
ketat kuncinya adalah produk yang unik, yang berbeda dengan yang lain, yang ada
keunggulannya dengan yang lain.
2.Aspek
Pemasaran
Berdasarkan
analisis pasar yang ada, aspek pemasaran harus disesuaikan dengan target market
yang akan kita bidik. Perlu diperhatikan empat aspek pemasaran yaitu 4 P :
A. Product
Produk / Jasa mencakup mutu, kemasan, layanan, rasa, purna jual
yang disesuaikan dengan konsumen.
B. Price atau Harga
Harga harus disesuaikan dengan target konsumen yang akan kita
bidik. Harga untuk konsumen yang berpenghasilan tinggi, menengan, atau bawah.
Sesuaikan harga, produk dengan target konsumen.
C. Place = Tempat Menjual
Lokasi adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan.
Setiap usaha mempunyai kharakteristik tempat yang disesuaikan dengan jenis
usaha dan target konsumennya. Lakukan
survey untuk mencari tempat yang sesuai. Amati potensi pasarnya, potensi
permintaanya, dan prospek pengembangan wilayahnya.
D. Promosi
Promosi tidak harus mahal, brosur, iklan baris adalah salah satu
bentuk promosi. Produk yang bagus pun bisa menjadi bentuk promosi mouth to
mouth jika produk kta kita memang disukai konsumen. Lakukan promosi yang
kontinyu supaya memberikan effek kontinuitas produk kita.
3.Aspek
SDM
SDM
adalah salah satu asset usaha yang berharga, sebelum memilih pegawai perhatikan
masalah kepribadian, kesetiaan dan kemampuanya. Kalau usaha kita masih kecil
pilihlah pegawai yang serba bisa atau multitasking Job Desk, sehingga kita bisa
menghemat anggaran.
4.Aspek
Teknis
Aspek
teknis berkaitan erat dengan teknis produksi dan operasional. Kita harus
merencanakan dengan baik bagaimama produksi berjalan, dimana kita mencari bahan
baku, bagaimana proses produksinya, bagaimana cara pengemasannya. Kita
sebaiknya memiliki keterampilan yang baku dalam aspek ini supaya menghasilkan
produksi yang efisien dan effektif.
5.Aspek
Keuangan
Aspek
yang paling penting dalam studi kelayakan usaha adalah perhitungan matematis
untung rugi. Berapa modal yang dibutuhkan. Berapa biaya produksi, biaya promosi
sehingga kita bisa menentukan harga jual yang kompetitif dengan memperjuangkan
keungtungan yang kita harapkan. Kita juga harus memperhitungkan return of
investment (ROI) atau tingkat pengembalian modalnya. Perhatikan juga arus kas
(Cashflow). Selama arus kas masuk lebih besar dari arus keluar berarti usaha
kita tetap bisa jalan. Arus kas diibaratkan darah dalam tubuh kita.Perlu
diketahui studi kelayakan ini untuk usaaha dalam skala kecil atau rumahan yang
tidak memerlukan perhitungan yang rumit.
5. PROSES BISNIS
Ø
Proses bisnis adalah
suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang
saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang
menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses
bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing
memiliki atribut sendiri
tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya. Analisis
proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya
hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.
6. KARAKTER BISNIS
Ø
Bisnis
Instan
Dari segi keuntungan, bisnis ini cenderung cepat memberikan
hasil, margin dari investasi yang diberikan cenderung besar hitungan bisa
diatas 10% perbulan. Modal yang dikeluarkan pun cenderung besar, dengan
pertanggung jawaban pengelola yang sangat singkat, paling lama hanya 3 hingga 4
bulan saja ya walaupun ada yang sampai 1 tahun. Bisnis seperti ini cenderung
mudah untuk diselewengkan, karena konsep bisnis ini terlalu sederhana bagi sang
investor. Cukup menginvestasikan dana –> Menandatangani akad bagi hasil /
prosentase margin –> Mendapat Margin + Modal –> Jika ingin diperpanjang
maka dibuat akad baru, jika tidak maka selesai.
Contoh bisnis ini adalah Purchasing Order pengadaan barang
sebuah intansi, uang sebesar Rp. 250.000.000,- mungkin hanya berlaku untuk satu
kali PO saja. Sebegitu sederhananya bisnis seperti ini juga sangat mudah untuk
diselewengkan. Ada yang diselewengkan dengan skema ponzi /modus investasi
palsu, sudah banyak model-model bisnis seperti ini yang berakhir dengan gigit
jari. Jika anda memiliki dana terbatas dan ingin berinvestasi, saya tidak
merekomendasikan bisnis ini.
Ø
Bisnis
Berkepanjangan
Mau tidak mau bisnis ini akan lebih baik jika anda sebagai
investor terjun langsung dan berkontribusi terhadap berjalannya bisnis ini,
kalau uang sudah tentu, paling tidak menambahkan pikiran dan sedikit tenaga
untuk ikut andil pada prosesnya. Diadakan rapat koordinasi antara dewan
komisaris dan dewan direksi. Tentu saja bisnis ini tidak bisa diharapkan
mendapatkan Break Event Point atau kondisi impas dalam waktu yang cepat, karena
dalam bisnis ini cenderung membutuhkan perbaikan dan penambahan-penambahan
aset. Semakin besar perusahaan makan semakin besar biaya operasional dan
penambahan asetnya.
Contoh sederhana bisnis ini adalah bisnis Mie Ayam, uang sebesar
Rp. 250.000.000,- jika dibagi 25 juta / lapak maka akan kita dapatkan 10 lapak
Mie Ayam. Dengan struktur organisasi yang jelas diantara Investor, Pengelola
dan penanggung jawab lapak, bisnis akan berjalan dinamis, dan akan berjalan
ketika inovasi dan pelayanan pasar selalu meningkat, disinilah diperlukan
kontribusi dari berbagai pihak.
Bisnis seperti ini cenderung lambat hasilnya, tapi tentu saja
berkepanjangan, kalaupun ada penyelewengan dana, antisipasi dan
penanggulangannya akan cenderung mudah dibanding bisnis instan. Sederhananya
jika rugi ya tidak rugi banget, paling biaya operasional saja yang tidak
kembali, sementara asset masih bisa diuangkan walaupun ada penyusutan.
7. CONTOH BISNIS INFORMATIKA BISNIS DALAM
KEHIDUPAN SEHARI – HARI
Ø
jual - beli secara online